Makna dan Manfaat Membaca Buku

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seseorang agar dapat memperoleh makna dari proses membaca yang dilakukannya. Cara yang pertama adalah meraih makna melalui proses dari kegiatan membaca itu sendiri . Dengan menggunakan cara ini maka seseorang tersebut tidak berorientasi pada hasil. Sedangkan cara yang kedua adalah mendapatkan makna setelah menjalankan kegiatan membaca dan mendapatkan hasil. Diantara dua cara ini terbukti membaca dengan mengedepankan proses akan lebih efektif dalam memperoleh suatu makna dari buku-buku yang dibaca.

Selain makna yang diperoleh, seseorang yang sudah memiliki kebiasaan membaca (buku) akan memiliki banyak manfaat. Manfaat ini bisa diperoleh secara langsung ataupun secara tidak langsung.

Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

  1. Menambah kosakata baru seseorang

Semakin banyak jumlah buku yang di baca maka akan semakin banyak pula kosakata-kosakata baru yang akan diperoleh (terutama membaca bahasa asing). Kosakata baru ini akan memberikan manfaat bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari seperti dapat mengartikulasikan, membantu menyampaikan pendapat secara lugas sekaligus dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Memperluas pemikiran seseorang

Dari beberapa studi dapat diketahui bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan membaca akan memiliki tingkat kreatifitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan seseorang yang kurang atau tidak suka membaca. Dengan membaca, maka akan terakumulasi wawasan dan pengalaman-pengalaman yang pada saat tertentu akan berguna dalam menyikapi ataupun mengambil sebuah keputusan. Hal ini akibat dari luasnya berpikir seseorang dari kegiatan membaca yang dilakukan.

  1. Meningkatkan empati seseorang

Manfaat yang lain dari membaca adalah dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memahami perasaan orang lain. Dengan terasahnya empati tersebut maka kualitas hubungan dengan orang-orang yang ada disekitarnya akan menjadli lebih baik.

Selain yang sudah disampaikan di atas, masih banyak lagi manfaat-manfaat yang dapat diperoleh seseorang dari kegiatan membaca.

Yuk, kita mulai dari diri kita, selembar dua lembar secara rutin dimulai sekarang juga.

Selamat pagi,,,

– kendal, 3 April 2018

#30DWC_Jilid12_Squad6_Day12

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: