Tahapan Menumbuhkan Habit Membaca

Membaca adalah sebuah kebiasaan yang perlu di tumbuhkan sebagaimana kebiasaan-kebiasaan positif yang lain. Dalam menumbuhkan habit tersebut, maka perlu dilakukan tahapan-tahan yang jelas untuk mencapainya.

Adapun langkah-langkah tersebut diantaranya :

  1. Menentukan tujuan membaca dalam satu tahun

Sebagimana habit yang lain, maka dalam membaca kita juga harus menentukan tujuan atau “goals” karena dengannya kita bisa mempunyai arah dan tujuan. Target yang jelas. Dengan menetapkan target, maka kita bisa mengukur diri dan menyiapkan diri sebatas mana kita bisa mampu memenuhinya.

Berkaitan dengan jumlah buku yang hendak di baca sangat tergantung dari diri kita masing-masing. Kita bisa mulai dari membaca 24 buku dalam setahun misalnya, yang berarti kita mempunyai target membaca sebanyak 2 (dua) buku dalam sebulan. Apabila jumlah tersebut masih dirasakan berat, maka kita dapat menurunkan target tersebut, misalnya 12 buku dalam setahun, yang artinya kita berkomitmen untuk membaca satu buku dalam sebulan.

  1. Membuat daftar bacaan

Membuat daftar bacaan ini sangat penting sebagai tahapan untuk menumbuhkan habit membaca kita. Kita bisa membuat daftar bacaaan, misalnya target kita adalah 12 buku dalam setahun maka pastikan 12 judul buku tersebut bisa kita tuliskan. Adapaun judul buku tersebut bisa kita peroleh dari rekomendasi dari teman atau buku yang memang selama ini kita ingin baca.

Pastikan kita meuliskannya (menggunakan tulisan tangan lebih baik). Insya Allah tahapan ini dapat mengakselerasi kita dalam menumbuhkan habit membaca.

  1. Bebaskan Jenis bacaan

Apabila daftar yang kit baca mempunyai genre yang sejenis, tentu akan membosankan. Untuk itu kita perlu untuk memperluas jenis bacaan yang akan kita baca. Bisa fiksi atau non fiksi. Bisa dari buku, majalah, laman blog atau yang lainnya. Dengan adanya variasi bacaan maka dapat menguatkan motivasi kita dalam menumbuhkan habit membaca.

  1. Jadwalkan

Dalam membaca, maka kita perlu menjadwalkan waktu secara khusus. “Me Time” dengan buku. Setiap kita tentu berbeda waktunya tergantung dari aktifitas dan pola kegiatan yang dijalani. Namun, pastikan kita memiliki waktu khusus setidaknya satu jam sehari. Apabila dirasa masih terlalu berat, maka kita bisa mengalokasikan waktu yang lebih sedikit, setengah jam misalnya. Dan jika masih juga terasa berat, maka setidaknya kita bisa menjadwalkan membaca satu-sampai dua lembar per hari. Bisa pagi, siang ataupun malam.

  1. Mengurangi Televisi dan Internet

Mengurangi waktu yang bersinggungan dengan digital sangat membantu dalam kita menumbuhkan minat baca. Sebagaimana yang pernah saya ulas dalam tulisan sebelumnya yang berjudul  “Membaca Cepat atau Lambat?”, gerakan yang dilakukan oleh Slow Reading Club di Selandia Baru patut kita coba. Insya Allah hasilnya akan melebihi ekspetasi kita.

Demikian beberapa tahapan yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan habit membaca. Semoga bisa segera di eksekusi dan hasilnya sesuai dengan harapan kita.

Selamat membaca….

– Kendal, 31 Maret 2018

#30DWC_JIlid12_Squad6_Day10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: