Deklarasi Membaca

Dalam setiap momen kepenulisan, biasanya sang mentor akan memebrikan motivasi di awal sekaligus mengajak para pesertanya untuk menuliskan deklarasi. Sebuah pernyataan komitmen dalam bentuk tulisan tetang berapa target buku yang hendak di capai tahun itu, entah itu solo, antologi ataupun kolaborasi. “Saya akan menulis sebanyak 1 buku solo dan 2 buku antologi di tahun 2018.”, misalnya. Dan apabila tidak mencapai target maka akan memberikan punishment pada diri sendiri sesuai dengan kemampuan dan keinginan masing-masing. Paling tidak yang bisa memotivasi perserta untuk memenuhi komitmennya.

Namun, pernahkah kita sebagai calon penulis juga membuat deklarasi untuk membaca sekian buku atau membaca sekian artikel dalam sehari, misalnya?

Menurut saya, hal yang satu ini penting bagi setiap calon penulis. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa antara kegiatan membaca dan menulis menjadi sebuah aktifitas yang saling terkait. Ada yang mengatakan ibarat dua sisi mata koin. Ada yang bilang bahwa membaca itu ibarat bumi dan langit yang saling melengkapi. Dan analogi lainnya yang menegaskan bahwa kedua aktifitas tersebut merupakan sebuah pasangan.

Mengapa harus membuat komitmen?

Dengan membuat komitmen maka ada suatu arahan ataupun target yang hendak kita tuju sebab komitmen merupakan sebuah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu. Perjanjian ini bisa kepada diri sendiri ataupun perjanjian dengan orang lain dan itu akan tercermin dalam tindakan-tindakan yang akan kita lakukan.

Itulah mengapa seringkali kita diminta untuk membuat komitmen agar kita punya panduan dalam melangkah. Selain itu juga perlu “menyebarkannya” agar banyak orang yang mengingatkan kita manakala mulai lupa dengan komitmen tersebut. Selain itu juga agar semakin banyak yang akan mendoakan kita untuk keberhasilan komitmen yang kita buat.

***

Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan komitmen (membaca) tersebut. Sebaiknya dengan tulisan tangan dan di tempel. Tidak usah yang dimodifikasi dengan yang indah-indah atau pernak-pernik liannya. Cukup tulisan tangan sederhana.

Insya Allah itu akan memberikan pengaruh yang besar dalam tindakan-tindakan yang akan dilakukan terutama untuk menumbuhkan habit membaca .

– Kendal, 31 Maret 2018

#30DWC_Jilid12_Squad6_Day07

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: