Cara Merawat Komitmen Membaca

Komitmen membaca perlu kita tumbuhkan dan tuliskan, terutama dengan mendeklarasikannya sebagaimana kita mendeklarasikan menulis.

Lalu, mudahkan kita menjalaninya?

Tergantung. Bisa saja sebagian orang menjalaninya dengan mudah. Namun, ada juga orang yang sudah dalam menjalaninya. Semua tergantung dari masing-masing orang berdasarkan akumulasi pengalaman, motivasi dan semangat yang menghiasai perjalanan hidupnya selama ini.

Bagi tipe yang sulit menjalani komitmen, khususnya dalam membaca, maka barangkali tips-tips berikut ini bisa sedikit memberikan pencerahan.

Mulai dari Sedikit Saja

Sebagaimana hadis Nabi yang menyatakan bahwa  “Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang rutin dilakukan meskipun sedikit.” (Riwayat Bukhori dan Muslim), maka kita dalam membaca juga demikian.

Tidak usah langsung membaca dalam jumlah yang banyak. Cukup satu atau dua lembar per hari. Nanti kalau sudah terbiasa maka akan bertambah dengan sendiri jumlah halaman yang di baca.

Bukankah ada pepatah yang mengatakan “sedikit-sedikit , lama-lama akan menjadi bukit.”?

Membuat Target

Sebagaimana yang sudah saya singgung dalam tulisan sebelumnya, buatlah target (yang dituliskan di dalam lembar komitmen/deklarasi).

Target ini harus jelas, mau berapa halaman yang akan kita baca. Sebab target ini akan menyemangati kita, meskipun menurut  tips yang pertama tadi, lakukan perlahan. Biar kita tidak mabuk. He he he…

Bergabung dengan  Komunitas

Saat ini banyak bertebaran komunitas-komunitas berdasarkan pada hobi. Salah satunya membaca dan menulis. Banyak komunitas yang melakukan gerakan penyadaran dalam membaca melalui perpustakaan-perpustakaan ataupun kegiatan literasi di ajang “car free day”. Biasanya dengan bergabung dengan komunitas tersebut, maka kita akan tersemangati dan termotivasi.

Paksakan Diri

Kita juga harus memaksakan diri untuk membiasakan membaca. Kalau rasa jenuh itu melanda, maka paksakan diri dengan tetap membaca. Mulailah dari buku-buku fiksi yang ringan semacam novel  atau cerpen. Kalau perlu kemanapun  kamu pergi, selalu bawa buku tersebut.

 

Demikian tips singkat ini, semoga mencerahkan. Insya Allah habit baru itu akan terbentuk dan akan merubah hidupmu.

Selamat pagi….

– Kendal, 31 Maret 2018

#30DWC_Jilid12_Squad6_Day08

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: