PiSiDi – Pikun Usia Dini

Pernahkah kamu dalam sebuah aktifitas mudah merasa lelah? Seringkali dalam mengerjakan tugas-tugas (baru) tidak pernah terselesaikan dengan baik? Dan semakin lama kamu kesulitan dalam menyelesaikan  tugas harian dan malah ada kecenderungan untuk dibantu?

Jangan- jangan kamu mengalami demensia. Perlu diwaspadai semenjak dini. Istilah lainnya adalah PiSiDi – Pikun Usia Dini.

Seperti yang sudah saya sampaikan dalam tulisan sebelumnya, salah satu penyakit yang menyerang usia umur yang sudah tua kisaran 60 tahun ke atas adalah terjadinya gangguan fungsi otak, salah satunya demensia. Penyakit ini seringkali dianggap sepele, dikarenakan anggapan yang wajar bahwa ketika usia sudah menjelang tua maka akan menghinggapinya secara otomatis dan dikategorikan sebagai penyakit tidak menular. Oleh karenanya seperti yang di beritakan oleh CNN Indonesia, Indonesia sampai “lupa” mencatat jumlah penderita demensia. Studi  tentang penyakit ini juga masih minim di Indonesia. Meskipun sebenarnya sudah ada survei data dari BPS dit ahun 2015  yang menyatakan ada sekitar 21,4 juta jiwa usia lansia (diatas 60 tahun) yang rentan dengan penyakit degenerasi otak tersebut.

Meski demikian, ada sebuah jurnal penelitian yang menginformasikan bahwa di Indonesia di tahun 2006, perkirakan terdapat 1 juta penderita  demensia dari 20 juta lansia yang ada. Dan menariknya, prevalensi perempuan ternyata lebih banyak tiga kali dibandingkan dengan laki-laki.

Alhamdulillah, akhir-akhir ini pemerintah sudah mulai menyadari penyakit “biasa” ini. Sudah ada upaya-upaya yang dilakukan utuk mengatasinya. Sebab, dalam sebuah forum November tahun lalu (2017), ada kekhawatiran apabila tidak ada tindakan kuratif, maka di tahun 2050 diperkirakan ada sekitar 4 juta penderita demensia di Indonesia.

***

Nah, kembali ke awal… demensia yang menyerang  usia muda (di bawah 65 tahun)  atau Young Onset Dementia dan bisa juga diistilahkan demensia di usia produktif (working Onset Dementia) perlu kamu waspadai. Sebab perubahan gaya hidup dan  tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi terhadap generasi milenial saat ini akan memicu terjadinya pikun di usia dini tersebut.

 

So, waspadalah… waspadalah… Ingat, membaca menjadi salah satu rumus jitu untuk menghindarinya sebagaimana yang sudah saya singgung ditulisan sebelumnya.

 

Selamat pagi…

– Kendal, 28 Maret 2018

#30dwc_Jilid12_Squad6_Day06

 

Sources:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: