Membaca Mencegah Pikun?

Saya memiliki tetangga yang usia beliau sudah delapan puluh tahun lebih. Meskipun fisiknya sudah tidak gagah, namun pendengaran maupun kemampuan membacanya masih sangat kuat. Setiap selesai sholat maghrib, saya mendengar bagaimana beliau melantunkan suara dari ayat-ayat  Qur’an yang dibacanya.

Ada cerita lain dari Najwa Shihab. Suatu ketika dia mengikuti sebuah pelatihan jurnalistik dimana salah satu pesertanya adalah seorang kakek tua yang usianya telah mencapai 85 tahun. Meskipun demikian, si kakek masih tetap aktif membaca koran setiap hari dan juga aktif di sesi diskusi dengan ingatan-ingatan yang kuat tentang beberapa momen penting. Kemudian, saat di tanya tentang alasannya mengikuti pelatihan tersebut, ia menjawab dengan tegas, “utuk mencegah pikun!”

Nah, ternyata memang benar adanya bahwa kebiasaan membaca yang dilakukan semenjak muda akan dapat mencegah penyakit pikun yang jamak menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia.

Pikun sendiri dapat diterjemahkan sebagai sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kehilangan fungsi otak diantaranya gangguan daya ingat, perilaku, sikap dan berkomunikasi yang akhirnya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Banyak penyakit terkait gangguan fungsi otak yang muaranya adalah menyebabkan kepikunan. Diantaranya adalah demensia dan alzheimer.

So, marilah kita meningkatkan kebiasaan membaca agar terhindar dari kepikunan di masa tua. Apalagi seorang yang memilih untuk menjadi seorang penulis, tentu itu sebuah menu wajib bukan? Sebab, setiap orang yang menulis pasti memulainya dari membaca.

Sebuah quote menarik dari A. Samad Said, seorang penyair dan novelis  berkebangsaan Malaysia berikut barangkali dapat dicamkan. “Jika ingin menjadi seorang penulis, pertama sekali kena membaca, kedua kena membaca, ketiga, membaca, keempat membaca, dan kelima baru menulis.”

Nah !!!

– Kendal, 27 Maret 2018

#30DWC_JIlid12_Squad6_Day05

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: