Lingkungan Membaca

Eksistensi sebuah buku tidak terlepas dari kegiatan yang dinamakan membaca. Kegiatan ini menjadi sebuah aktifitas yang sebetulnya simpel namun apabila tidak dibiasakan semenjak dini maka akan menjadi sebuah aktifitas yang membosankan. Dan pembiasaan tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang melingkupinya.

Itulah mengapa di beberapa negara, untuk menarik dan membiasakan minat serta kemampuan membaca ditentukan bacaan wajib di sekolah. Di Amerika Serikat misalnya, novel To Kill a  Mockingbird besutan Harper Lee, menjadi bacaan wajib bagi siswa sekolah menengah disana. Lain lagi di Finlandia. Disana buku yang diwajibkan untuk dibaca oleh para siswa di sana adalah novel karangan Alexis Kivi yang berjudul Seven Brothers. Meskipun novel tersebut rilis pada tahun 1870 oleh penulisnya, namun kompleksitas isinya yang menceritakan drama keluarga perdesaan nan pelik menjadikan pilihan referensi hingga sekarang.

Selain lingkungan sekolah, pembiasaan membaca dapat dibentuk oleh keluarga dan pergaulannya. Itulah mengapa banyak orang-orang yang suka membaca biasanya tinggal dengan orang-orang yang suka membaca.

Salah satu pembaca yang keren menurut saya adalah Gus Dur, Presiden keempat kita. Diceritakan bahwa hampir seluruh buku yang ada di perpustakaan kampusnya sewaktu kuliah di Mesir, sudah dibacanya. Sebagai buktinya adalah tanda tangan beliau di setiap halaman terakhir buku tersebut. Oleh karenanya, tidak heran jika beliau mampu menulis dengan bernas dan kaya akan makna.

– Kendal , 27 maret 2018

#30DWC_Jilid12_Squad6_Day4 (utang)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: