Sekolah yang Mencerahkan

Memilih sekolah bagi putra-putrinya menjadi salah satu fase yang harus dilalui oleh setiap orang tua. Mencermati berbagai sekolah sekaligus metode pembelajaran yang saat ini bermunculan tentunya membuat kebingungan tersendiri bagi orang tua yang minim referensi. Oleh karena itu, sebagai orang tua terutama di jaman sekarang hendaknya lebih pro aktif menggali informasi dalam menentukan sekolah yang akan dipilihkan atau metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak-anaknya.

Sebab, setiap anak memiliki keunikan masing-masing.

Lalu, sekolah yang bagus itu yang seperti apa?

Saya tertarik dengan istilah yang diungkapkan oleh salah satu peserta #30DWCjilid11 kali ini. Istilah tersebut tentang sekolah yang mencerahkan. (Dapat disimak dalam tulisannya yang berjudul “Sudahkah Mencerahkan?”)

Adakah sekolah itu?

Apakah itu bisa diwujudkan?

Tentu saja ada dan sangat bisa.

Menurut saya hal tersebut bukan sesuatu hal yang “impossible“. Semuanya serba mungkin.

***

Ada satu contoh menarik dan kita sudah sama-sama mengetahuinya. Yaitu kisah Ibu Muslimah dan Laskar Pelangi-nya. Sebuah sekolah yang hampir tutup karena kekurangan murid. Dari sebuah sekolah yang hampir roboh akhirnya bisa menjadi sekolah yang inspiratif dan mencerahkan bagi banyak orang. Saya melihatnya ada kesungguhan di sana. Ada cinta disana. Adanya keyakinan, kesungguhan dan cinta membuktikan sekolah tersebut mampu mencerahkan dengan segala keterbatasannya.

Contoh menarik lainnya dapat kita lihat di sebuah propinsi Negara India. Haryana namanya. Semua berawal dari kegelisahan seorang Seema Bansal terhadap sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah di India, khususnya Haryana. Dengan tekadnya yang kuat, dia bisa mewarnainya.

Jika pada umumnya proses perubahan yang sistemik dan berskala besar  memerlukan waktu yang cukup lama, bisa dalam hitungan puluhan tahun, maka tidak untuk apa yang sudah diterapkan oleh Seema di Haryana. Hanya dalam kurun waktu satu sampai dua tahun, terdapat progress besar disana dalam dunia pendidikan. Sebuah perubahan yang revolusioner yang menurut saya juga mencerahkan bagi sistem pendidikan di sana. (Selengkapnya bisa disimak paparan Sheema di TEDX Forum yang berjudul “How to fix a broken education system…without any more money”)

Satu pesan penting yang disampaikan oleh Seema Bansal adalah “Bisakah sistem pemerintah berubah? Saya sangat yakin bisa. Menurut saya, kalau anda memberi mereka tuas yang tepat, mereka bisa memindahkan gunung”

***

Berdasarkan dua contoh di atas dapat saya simpulkan bahwa sekolah yang mencerahkan itu tidak tergantung pada pola yang dipilih, namun terletak pada individu yang mengampunya. Individu yang senantiasa mau belajar dan memperbaiki diri sekaligus memiliki visi yang jauh ke depan dan memiliki keyakinan yang kuat dalam melangkah. Selain itu juga mampu melakukan self healing dan self coaching sebagaimana yang dilakukan oleh guru-guru di Haryana.

Akhirnya, bukan berderetnya piala, bukan menterengnya gedung sekolah dan bukan pula lengkapnya fasilitas yang ada di sebuah institusi pembelajaran yang membuat sebuah sekolah itu dapat mencerahkan. Namun, semuanya terletak pada cinta, kepercayaan dan juga doa. Dengan “cinta” yang dihadirkan oleh pendidik di sebuah sekolah, maka proses internalisasi nilai-nilai menjadi lebih hidup dan membumi. Dengan kepercayaan, maka anak-anak akan tumbuh dengan penuh percaya diri. Dan dengan doa, maka hasil yang akan diperoleh akan di luar jangkauan akal kita, karena ada peran yang Maha Kuasa di sana.

Selamat malam…

– Kendal, 20 Pebruari 2018 

#30dayswritingchallenge #30DWC #30DWCjilid11 #squad8 #day28

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: