Tetap Produktif di Kala Senja

Hey…. kamu ….

Ya.. kamu !!!

Sedang belajar menjadi penulis ya. Trus, ngerasa nulis itu susah banget. Ada aja kendalanya. Gak ada ide lah. Gak mood lah. Banyak yang nyinyirin lah. Dan sejuta alasan lainnya. Trus menyerah.?

Berapa sih usiamu?

40 tahun, 20 tahun atau 17 tahun barangkali?

Wah… sepertinya kamu perlu belajar banyak dech dari sosok inspiratif yang satu ini.

Usianya sudah senja.

Ya, senja…. Didalam KBBI, senja selain diartikan sebagai waktu (hari) setengah gelap sesudah matahari tenggelam, dapat juga diartikan sebagai “usia tua”

Sosok di usia senja yang satu ini dilahirkan di Cirebon pada 10 Juli 1939.

Sjahriati Yati Rachmat nama lengkapnya. Biasa dipanggil dengan Bunda Yati. Beliau mulai aktif menulis melalui blog semenjak bulan  April 2009 hingga sekarang.  Beliau menuliskan di “page about” blognya bahwa usianya sudah 78 tahun. Suka membaca, menulis dan berkebun… (Koq sama ya sama saya… he he he..). Bisa dicek di situs beliau, www.bundayati.com.

Semuanya berasal dari rasa suka atau cinta beliau terhadap dunia menulis. Dan membaca tentunya.

Meski berusia senja, beliau ternyata aktif di beberapa komunitas seperti Kumpulan Emak2 Blogger (KEB), Warung Blogger, BlogDetik dan yang lainnya. Dan sebagai penghargaan untuk keaktifan menulis di usia senjanya, beliau dianugerahi penghargaan dan predikat Srikandi Blogger “Lifetime Achievement 2013″ pada April 2013 oleh KEB.

Tahu tidak berapa buku yang sudah diterbitkannya semenjak beliau aktif nge-blog? 19 buku antologi sampai dengan tahun 2013 dan 1 buku solo yang berjudul “Me and My Life, Bunga Rampai Kehidupanku. Dipublikasikan pertama kali Pebruari 2015.

Keren bukan??? Kamu sudah berapa? (Hihihi… jadi malu saya…)

Beliau bilang… “…chances to attend any seminar or workshop in line to upgrade either my capability or skill in writing is a must.” Mantap sekali semangat pembelajarnya meskipun di usia senja.

Lengkapnya, silahkan dah kepoin sosok beliau… ha ha ha…

***

Oiya, ada satu lagi…. Kelupaan.

Pakde Cholik, panggilan akrabnya di dunia blogging. Nama lengkapnya Abdul Cholik. Situsnya www.abdulcholik.com.

Lebih muda dari bunda Yati. Lahir di Jombang, 23 Agustus 1950. Seorang purnawirawan TNI. Pangkat terakhirnya Brigadir Jenderal TNI. Beliau dinas di militer lebih dari 20 tahun.

Ternyata, beliau suka menulis dan dituangkan di blog beliau “NeoBlogCamp”. Bahasannya bervariasi dari tips blogging, tips menulis, wisata, kuliner, motivasi, pengembangan diri dan yang lainnya.

Mau tahu berapa buku yang sudah ditulis nya? Lebih dari 20 buku ! Subhanallah…

Lagi-lagi, kalau kamu penasaran dengan sosok inspiratif yang sudah senja ini. Silahkan kepoin sendiri blognya. Ha ha ha…

***

Terakhir, saya jadi teringat dengan almarhum nenek saya yang pernah di ajak tinggal di rumah. Usianya sekitar 80 tahun. Waktu itu pikir orang tua saya, nenek di rumah saja. Gak usah ngapa-ngapain. Ternyata…. Beliau tidak betah. Hanya 5 hari saja kalau tidak keliru. Sakit malahan.

Uniknya, ketika beliau kembali lagi ke rumah sendiri, beliau sehat bugar dan banyak sekali yang dikerjakannya. Selalu bergerak.

Ternyata, berdasarkan penelitian yang di terbitkan di British Medical Journal menginformasikan bahwa kegiatan dan interaksi sosial disertai dengan aktifitas yang produktif bagi para lansia justru dapat merangsang saraf motorik dan mental mereka yang cenderung turun untuk berkembang, sehingga memungkinkan mereka untuk hidup lebih panjang. (Saya kutip dari “kertosono.net”),

Akhirnya, jangan kalah sama mereka yang meskipun berada di usia senja namun tetap terus produktif.

Bagi kamu yang merasa sudah tua padahal belum tua-tua amat (seperti saya, ha ha ha…) dan kamu-kamu yang katanya anak milenial… kuy terus pupuk produktifitas kamu di bidang apapun. SEMANGAT !!!

Selamat pagi…

– Kendal, 8 Pebruari 2018 

#30dayswritingchallenge #30DWC #30DWCjilid11 #squad8 #day18

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: