Sisi Lain Bill Gates

Mendengar nama ini saya yakin sudah tidak asing di telinga anda.

Berita beberapa waktu lalu yang menghebohkan lini media massa dan sosial tentang bagaimana dia melunasi utang Nigeria sebesar 1.02 trilyun kepada Pemerintah Jepang, tentu pernah anda dengar. Dan baru saja dia menggelontorkan sebagian kecil uangnya untuk berinverstasi di bidang peternakan.

Kedermawanannya melalui Bill and Melinda Gates Foundation yang ternyata masih kalah jauh dengan “Andrew Carnegie” (kisah dimana  dia dibuat kikuk oleh seorang Mardigue Wowiek yang bisa dibaca dipostingan beliau – Mardigu Wowiek, pen. Kisah di sebuah moment yang akhirnya seorang Bill Gates mengeluarkan dompet yang ternyata berisi foto Andrew Carnegie.)

Namun, dalam tulisan ini saya tidak akan membahas tentang sepak terjangnya membangun Microsoft, kekayaannya maupun “foundation” nya. Saya mencoba melihat dari angle yang berbeda.

Sisi dimana ternyata dia adalah seorang pembelajar sejati…Sebuah kisah inspiratif yang bisa kita petik.

***

As a kid, I looked forward to going back to school every August. My style has changed over the years, but my excitement for learning has stayed the same” – Bill Gates

Ungkapan di atas adalah salah satu postingan Bill Gates di akun instagramnya. Foto masa sekolah sebagai ilustrasinya.

Dan saya melihat, kegembiraannya ketika belajar atau istilah saya adalah semangat untuk menjadi seorang pembelajar di dalam dirinya terus terpancar hingga saat ini. Meskipun sudah kita ketahui bersama bahwa dia drop out ketika kuliah saat memulai proyek Microsoftnya, sebagaimana dituliskan di profil diri pada website pribadinya, gatesnotes (gatesnotes.com)

Menelisik lebih jauh situs pribadi dan akun media sosialnya, menunjukkan kepada saya bahwa dia adalah orang yang sangat menikmati dalam melalui sebuah proses pembelajaran tiada henti (long life learning). Proses itu bisa dalam bentuk interaksi dengan orang lain, sebuah perjalanan dan penjelajahan dirinya dengan membaca buku.

Bukan sebuah yang mengherankan bahwa sebagai adalah satu orang terkaya di dunia, dia menjadi oase diantara golongannya (orang tajir, pen.)

Mengapa demikian?

Selain senang membaca buku, dia juga pandai dalam menuangkan pemikiran-pemikiran serta pengalamannya dalam bentuk tulisan. Dan rata-rata tulisannya bernas, informatif, inspiratif dan mudah dipahami (khususnya saya yang bahasa Inggrisnya amburadul.) He he he…

Kemudian… ada satu postingan lagi darinya kurang lebih setahun yang lalu. Kali ini melalui media twitter yang redaksinya sebagai berikut:

I try to read about a book a week on average. Even when my schedule is out of my control. I carve out time for reading .

Poin pentingnya adalah bahwa kita harus terus belajar sebagaimana hadis yang menganjurkan untuk mencari  ilmu dari buaian hingga liang lahat. Sosok seperti Bill Gates yang mapan dan sibuk dengan segala aktifitasnya saja bisa meluangkan waktu untuk belajar (membaca) dan menulis, tentu kita yang bukan sesibuk beliau dapat melakukannya juga bukan?

***

Nah, sekarang introspeksi kepada diri dech… sudah berapa banyak buku yang sudah kita baca? Gak usah muluk-muluk dech berapa buku selama seminggu. Cobak diingat kita sudah baca berapa buku setahun terakhir?

Nah, kalo sudah tahu hasilnya, mumpung masih di awal Pebruari… masukkan kegiatan membaca ke dalam salah satu resolusi anda di tahun 2018 ini. Sepakat?

Oiya…Motivasi membaca juga bisa di baca dalam penggalan tulisan salah satu peserta #30DWC Jilid 11 ini melalui tulisan yang berjudul “Hal-Hal Penting Ketika Menulis”.

Dan akhirnya…

Jangan pernah lelah dan berhenti untuk belajar, belajar, belajar… dan jangan lupa untuk menuliskannya… Keep Writing…

 

– Kendal, 2 Pebruari 2018

#30dayswritingchallenge #30DWC #30DWCjilid11 #squad8 #day12

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: