Emas Hijau Berkilau di Negeri Vietnam

Hari-hari ini di beberapa daerah di Indonesia tengah memasuki musim panen padi. Pada saat musim panen tersebut, pada umumnya sisa jerami yang ada akan di bakar guna mempersiapkan musim tanam berikutnya. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan baik secara kesehatan maupun dampak sosial.

Ternyata, permasalahan pembakaran sisa jerami tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia. Negara-negara penghasil beras di dunia seperti China, Mesir, Thailand ataupun Vietnam juga mengalaminya.

Banyak upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi salahs atu permasalahan lingkungan di sektor pertanian tersebut. Ada yang mengolahnya menjadi pupuk organic, media jamur, biochar ataupun sumber energi listrik.

Salah satu sosok yang jeli melihat peluang sekaligus berupaya untuk membantu mengatasi problem lingkungan tersebut adalah Trang Tan. Perintis Start Up FAR GREEN yang kini telah menjelma menjadi salah satu industri pertanian yang ikut membantu meningkatkan kesejahteraan petani binaan mereka.

Semua berawal dari proyek kuliahnya untuk meraih MBA di Universitas Colorado, Amerika Serikat. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi praktek pembakaran jerami secara terbuka yang marak terjadi di hampir semua lahan pertanian Vietnam manakala musim panen tiba. Dan dia menggunakan isntrumen bisnis sebagai alat untuk memecahkan permasalahan sosial dan lingkungan secara berkelanjutan. Dia mampu mengubah limbah jerami menjadi emas hijau yang dapat membantu meningkatkan pendapatan petani.

Semuanya murni berawald ari sebuah ide yang terlintas di pikirannya secara tidak sengaja. Dan dia seakan tidak percaya Fargreen akan menjadi seperti yang sekarang ini.

“We just can’t believe that over a year ago Fargreen was purely an idea floating in our minds,” Kata Trang Tan.

Belum lama, baru di mulai tahun 2015 yang lalu.

***

Namun ternyata keberhasilan yang mereka capai tidak didapatkan secara instan. Mereka melakukan riset, mengembangkan dan membuat model hampir selama dua tahun.

Trus…

Selengkapnya silahkan simak di video youtube (https://www.youtube.com/watch?time_continue=235&v=Ud0G7Uy3_s4),  website resminya (http://www.far-green.com)  dan keyword fargreen dan Mbka Trang Tan… 😊

 

Dini Hari … (tulisan yang terlewat… 😊 )

– Kendal, 2 Pebruari 2018

#30dayswritingchallenge #30DWC #30DWCjilid11 #squad8 #day11

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: