Allah Maha Menghitung dan Maha Mencukupi

Berapa jumlah penduduk kaya di Indonesia?. Data Global Wealth Report terakhir menunjukan bahwa tiga tahun terakhir jumlah penduduk kaya terus mengalami peningkatan dari 98 ribu orang di tahun 2015, 105 ribu di tahun 2016 dan 111 ribu di tahun 2017. Lebih detail lagi dalam laporan Credit Suisse Research Institute yang bertajuk Global Wealth Repot 2017 menyebutkan bahwa 111 ribu orang tersebut memiliki kekayaan bersih (High Net Worth/HNW) diatas US$ 1 juta atau setara dengan 13,5 milyar rupiah. Dan ternyata 868 diantaranya masuk ke dalam kategori super tajir (Ultra High Net Worth/UHNW) dengan kekayaan bersih sebesar US$ 50 juta yang setara dengan 675 milyar.

Banyak orang kaya di negeri ini, namun sedikit yang kaya hati.

Saya sedang tidak menvonis bahwa orang kaya tersebut sedikit yang memberikan donasinya baik secara terang-terangan ataupun tersembunyi. Namun melihat kesenjangan yang semakin menganga antara si kaya dan si miskin tentunya itu menjadi sebuah hal yang kontradiktif.  Darurat kesenjangan ekonomi Indonesia, demikian istilah terlontar manakala membaca data dari hasil penelitian Bank Dunia yang menyebutkan 10 persen orang terkaya menguasai 77 persen dari total kekayaan nasional. Sedangkan lebih penduduk lainnya hanya menikmati tak lebih dari 25 persen. Ini diperkuat dengan rilis data yang dikeluarkan oleh Global Wealth Repot yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-empat negara paling timpang di dunia. Sebab, 1 persen orang  terkaya menguasai hampir 49,3 persen kekayaan nasional.

.

.

.

Ya, banyak orang kaya namun sedikit orang  yang kaya hati di negeri ini. Diantara yang sedikit itu adalah sosok yang akan saya ulas dalam tulisan ini. Menurut saya, mungkin beliau bukanlah orang kaya karena hanya menjadi seorang pendidik. Namun, beliau dikayakan oleh Allah.

Bagaimana tidak, beliau yang sehari-harinya mengajar di SMAN 4 Kota Bandung juga harus membesarkan dan mendidik 26 anak (empat diantaranya anak kandungnya sendiri)  hingga sarjana bahkan ada yang menjadi dokter. Belum yang tidak mukim. Dana dari mana kalau bukan karena keberkahan yang menaungi rumah yang ditinggali beliau dan suaminya. Ada doa-doa malaikat terlantun disana. Buah dari kesabaran dan keihklasan beliau.

Wajar jika buku yang mengisahkan kisah beliau diberi judul “Rumah Seribu Malaikat”. Buku yang telah menginspirasi saya dan istri untuk mengasuh anak selain anak kandung, meskipun baru satu selama tujuh tahun terakhir (4 Pebruari besok berusia 7 tahun). < Bukti nyata kekuatan sebuah buku , so menulislah… 😊 >

Beliau bernama Endang Yuli Purwati meskipun dibuku tersebut bernama pena Yuli Badawi. Baru-baru ini mendapatkan penghargaan Een Sukaesih Award (ESA) 2017. Dan satu pesan beliau ketika menerima penghargaan terebut patut untuk kita camkan dan teladani.

 

“Orang yang datang ke sini (Anugerah ESA 217) teman-teman yang luar biasa yang saya lihat. Tapi tolong dijaga amal sholehnya itu jangan sampai jadi pameran amal sholeh. Karena perlombaan amal sholeh ini mengerikan, nanti bisa jadi karena ingin mendapatkan hadiah atau penghargaan. Saya khawatir malah hati mereka tercemar,” pesan Endang.

(Lengkapnya kisah beliau, beli bukunya dan browsing aja yach … 😊 )

.

.

.

Kisah Bu Yuli diatas memberikan pelajaran bahwa nyata janji Allah bahwa rejeki ataupun kekayaan bukan hanya hitungan matematika saja yang hitungannya hanya pembatasan semata. Katanya 2 x 2 = 4. Namun, jika kita mau belajar Al Hasib (salah satu Asma Allah) maka akan diajarkan tentang ilmu tanpa batas, misalnya balasan orang yang berinfak dan bersabar.

Al Hasiib…

Pertama, yang mencukupi hamba-hamba-Nya dari semua yang diperlukan oleh mereka, baik dalam hal dunia maupun akhirat.

Kedua, yang mencukupi hamba-hamba-Nya yang bertakwa dan bertawakal dengan seuatu yang membuatnya baik dalam hal dunia dan akhirat. Makna ini lebih khusus dari yang pertama.

Ketiga, yang mencatat semua amalan-amalan hamba-Nya, lalu membalas amalan-amalan tersebut (Syarah Asmaillahil Husna Fi dhauil kitab was Sunnah).

– Semarang, 24 Januari 2018 – 11.07

#30dayswritingchallenge #30DWC #30DWCjilid11 #squad8 #day03

 

#Allah MahaMenghitungDan MahaMencukupi

 

Sumber  :

  1. Kata Data

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/12/01/berapa-jumlah-orang-kaya-indonesia

  1. Kompas

http://nasional.kompas.com/read/2017/03/23/22422681/kesenjangan.ekonomi.memprihatinkan.diperlukan.akselerasi.pemerataan.pembangunan. 23/03/2017. Diakses 24 Januari 2018.

  1. Info Jabar

https://infojabar.id/2017/11/30/endang-yuli-purwati-membesarkan-dan-mendidik-26-anak-hingga-menjadi-sarjana-dokter-dan-calon-ulama-dengan-modal-ikhlas/

  1. AQL Islamic Center

Instagram @aqlislamiccenter , empat hari yang lalu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: