Dekatilah dengan Cinta…

Sebenarnya ide-ide itu bermunculan. Draft tulisan yang baru satu sampai dua paragraf dengan kata kunci ide pun beberapa siap untuk dilanjutkan. Namun, kondisi badan yang capek karena aktifitas fisik yang berat seharian tadi membuat stuck untuk menulis. Bingung mau nulis apa. Lha wong draft yang sudah siap saja susah untuk meneruskannya.

Akhirnya, saya putuskan untuk menuliskan yang ringan saja. Terinspirasi dari materi KOUF terakhir yang disampaikan mas Rezky, salah satu cara efektif untuk mengatasi “writer’s block” adalah dengan mendaur ulang tulisan lama.

Akhirnya saya pilih tulisan berikut untuk mempraktikkannya… 🙂

***

Saving Mr. Bank dan Secangkir Kopi Tubruk, adalah tulisan lama yang saya pindahkan ke blog ini dari blog lama yang sudah saya pensiunkan. Tulisan tersebut terinsiprasi dari film yang pernah saya lihat. Judulnya Saving Mr. Banks.

Film yang satu ini bagi sebagian orang mungkin cukup berat untuk disimak. Meskipun menurut peringkat box office yang dirilis situs BoxOfficeMojo, film ini menempati peringkat 43 dari 100 film yang ngehits ditahun pembuatannya (2013), namun film ini hanya dibuka dengan 15 layar saja saat penayangan perdananya dengan perolehan $413,373. Bandingkan dengan peringkat pertama, The Hunger Games : Catching Fire yang dibuka dengan 4.163 layar dan mampu meraup $158,074,286 di tayang perdana tersebut. Kalah populer bukan?

Bagi saya, seberat apapun tema sebuah film, apabila yang memerankannya adalah Tom Hanks, maka saya wajib menyimaknya. Film-film yang diperankannya seperti Forrest Gump, The Green Mile, The Terminal sampai Sully sudah katam saya simak. Termasuk film yang satu ini. Kesimpulan di benak saya, setiap film yang diperankannya pasti berkualitas. Entah kalau kamu… 🙂

***

Satu poin saja yang ingin saya bahas adalah bagaimana kita diharapkan untuk menyikapi sesuatu dengan cinta. Sejelek apapun itu.

Salah satu karakter dalam film yang satu ini adalah karakter yang keras kepala, semaunya sendiri, kaku dan masa bodoh yang dimiliki oleh P.L Travers. Tentu karakter seperti ini seringkali membuat kita gemas, geregetan dan jengkel ketika menghadapinya. Saya yakin diantara kamu pasti sudah pernah menemui orang dengan karakter yang mirip dengan P.L. Travers.

Nah, bagaimana cara mendekati atau menghadapi orang seperti itu? Walt Disney sudah membuktikannya bisa menaklukkan P.L Travers meskipun waktu yang diperlukan tidak sebentar, 20 tahun. Akhirnya dia bisa merayu P.L. Travers untuk mengijinkan agar karakter Mary Poppins dapat difilmkan. Ya, Disney melakukannya dengan “cinta” meskipun terselip misi bisnis didalamnya.

Pun sebagaimana yang sering kita dengar kisah Rasulullah, Muhammad SAW dengan seorang pengemis Yahudi tua yang buta.

Di setiap pagi dia selalu bilang “Wahai saudaraku jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya kalian akan dipengaruhinya”.

Namun apa yang dilakukan oleh Rasulullah? Beliau setiap pagi mendatangi pengemis buta tersebut dengan membawa makanan dan menyuapinya tanpa berkata sepatah kata pun. Hingga meninggalnya beliau.

Singkat cerita, setelah mengetahui bahwa yang menyuapinya dengan penuh cinta selama ini adalah Muhammad, orang yang selama ini dihinanya dan difitnahnya., akhirnya hatinya luluh dan dia mengucapkan syahadat di depan Abu Bakar.

***

Begitulah, ketika cinta yang dikedepankan. Semuanya akan menjadi indah pada akhirnya.

– Kendal, 23122017

#30DWC_Jilid10_Squad7_Day28

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: