Membangun Mimpi

Menyimak khutbah Jum’at dari Profesor Hermawan K. Dipojono di Masjid Salman ITB melalui youtube, meskipun sudah setahun yang lalu, namun konteksnya masih relevan bagi kita saat ini.

Momen akhir tahun menurut saya perlu dipergunakan untuk refleksi diri dan memperbaharui mimpi-mimpi yang pernah kita canangkan. Salah satu mimpi yang perlu kita masukkan ke dalam benak kita adalah mimpi sebagaimana yang di sampaikan oleh Prof Hermawan dalam khotbahnya tersebut.

Menurut beliau, Indonesia sebagai sebuah negara yang baru berusia 70an tahun masih tergolong relatif muda jika dibandingkan dengan negara lain misalnya saja Amerika Serikat yang sudah berumur di kisaran 200 tahun. Dengan usianya yang masih muda dan terus berbenah, banyak hal yang perlu disyukuri karena sebagai negara yang multi etnis, berbagai suku, konflik-konflik yang terjadi relatif dapat diselesaikan dengan baik meskipun potensi latennya masih ada. Namun kita sebagai warga NKRI harus senatiasa optimis dan yakin bahwa setiap permasalahan dapat diselesaikan dan yakinlah bahwa itu semua adalah sebagai latihan pekerjaan rumah yang diberikan Allah untuk menguatkan kita.

Dalam optimisme tersebut tentunya diperlukan SDM-SDM tangguh yang berani membangun mimpi setinggi mungkin. Mimpi tersebut dapat dijadikan sebagai arah dalam mengarungi masa depan. Untuk itu kita perlu mentransformasikan mimpi tersebut dalam sebuah keyakinan yang akan menghasilkan kegigihan, ketekunan dan daya juang. Mengapa hal tersebut diperlukan? Tidak lain adalah karena tantangan masa depan jauh lebih berat.

Oleh karena itu, bagai generasi muda jaman now perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Dan itu memerlukan fokus dan energi yang besar. Dan itu membutuhkan “peranan langit”.

Akhirnya, beliau menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus jangan pernah takut dengan kegagalan karena itu adalah sebuah keniscayaan dan dibaliknya pasti tersimpan hikmah besar yang tersembunyi. Jadilah anak muda yang ambisius untuk kebajikan sehingga tidak ada waktu untuk berleha-leha.

#selfreminder

– Kendal, 19122017

#30DWC_Jilid10_Squad7_Day24

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: