Mitos 21 Hari

Alhamdulillah, hari ini sudah memasuki hari ke-22 tantangan 30WDC Jilid 10 yang digagas oleh Inspirator Academy. Itu artinya saya sudah melewati 21 hari menulis tanpa ampun. Ternyata bisa meskipun banyak sekali hambatan dan tantangan yang harus saya hadapi. But, the show must go on ! Masih sembilan hari lagi dan semoga saya bisa melewatinya. Aamiin.

Next

Mitos 21 hari? Maksudnya apa ya?

21 menjadi angka menarik untuk di bahas kaitannya dengan tujuan utama saya untuk mencoba mengikuti tantangan yang diberikan oleh tim dari IA tersebut. Ya, tujuan saya adalah untuk menjadikan menulis sebagai sebuah habit.
Apakah itu habit? Habit yang biasa diistilahkan dengan kebiasaan, menurut sebuah definisi yang saya peroleh merupakan pattern of action that is acquired and has become so automatic that is difficult to break. Terjemahan bebasnya, habit adalah sebuah pola tindakan berulang, sering dilakukan dan itu menjadi sebuah hal yang dibutuhkan maka akan menjadi sebuah tindakan otomatis untuk dilakukan sehingga sulit ditinggalkan.

Dalam satu kesempatan yang saya dapatkan di sebuah seminar disebutkan bahwa untuk dapat melakukan sebuah proyek, target atau tujuan tertentu maka diperlukan waktu setidaknya selama 21 hari agar apa yang dilakukan tersebut menjadi sebuah habit atau kebiasaan.

Namun, seiring studi yang dilakukan sekarang, ternyata itu hanyalah sebuah mitos belaka.

Riset terbaru mengatakan bahwa untuk membuat sebuah habit baru ternyata bukan 21 hari melainkan 66 hari. Sebagaimana di rilis dalam The Europian Journal of Social Psychology, seorang peneliti yang bernama Phillippa Lally menyatakan bahwa rerata waktu yang diperlukan untuk melakukan sebuah kebiasaan baru adalah 66 hari.

Wah, berarti setidaknya saya harus ikut satu lagi tahapan 30DWC dong. Khan itu (habit) menjadi misi utama saya mengikuti ajang tersebut. Ikut lagi gak ya? Lihat saja nanti … 🙂

Btw, di IG Inspirator Academy jadwalnya sudah rilis. 26 Desember untuk jilid #11.

– Kendal, 17122017

#30DWC_Jilid10_Squad7_Day22

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: