Connecting the Dots

Usia saya saat ini mulai memasuki usia 40 tahun. Berdasarkan rata-rata umur manusia dengan ukuran usia nabi Muhammad SAW, maka saya sudah menghabiskan 2/3 dari jatah umur tersebut apabila saya disampaikan pada rerata umur tersebut. Namun yang saya rasakan dengan waktu yang saya habiskan sebanyak itu, belum banyak hal positif yang bisa saya lakukan. Hal yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain di sekitar saya. Astaghfirullah.

Waktu 40 tahun bukanlah waktu yang pendek. Banyak hal dan peristiwa yang menghiasinya, menyenangkan maupun menyedihkan. Itu semua merupakan sebuah keniscayaan bagi perjalanan hidup seseorang. Namun apapun itu, saya tidaklah perlu menyesalinya apabila sesuatu itu berupa kesalahan sikap, ketidakakuratan dalam mengambil keputusan dan hal buruk lainnya. Semua ada hikmahnya. Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dibaliknya. Saya harus meyakini itu, tidak sekedar mengucapkannya.

Jadi teringat dengan pidato Steve Jobs di pidato fenomenalnya saat momen wisuda Stanford University, USA pada tahun 2005 silam. Salah satu ceritanya adalah tentang “connecting  the Dot”. Jangan pernah menyesali apapun keputusan, sikap, tindakan dan kejadian yang ada di masa lalu. Sebab, jika kita mau merangkainya, maka akan menjadi sebuah episode kehidupan yang mampu menjadi titik tolak bagi seseorang untuk hidup dengan jiwa yang senantiasa berfikir positif. Tidak muda memang. Tapi imposible is nothing.

Melalui ajang 30WDC yang saat ini tengah saya ikuti, saya bertekad untuk setidaknya bisa berbagi dengan orang lain, meski itu sekedar melalui tulisan. Bertemunya saya dengan rekan-rekan Jilid 10 ini yang kebanyakan usianya jauh di bawah saya membuat semangat muda saya menyala kembali.  Saya berusaha untuk belajar dari mereka. Semangat mereka, kreatifitas mereka, visi mereka. Sebagai contoh adalah salah satu teman squad saya, Squad 7. Mbak Maria Ulfa sudah di DO dari semenjak hari ke 10 kemarin. Namun dua hari terakhir beliau selalu yang pertama posting tugasnya sekaligus menyelesaikan hutang tulisan sebanyak enam buah. Keren…

Connecting the dots tidak hanya menghubungkan peristiwa-peristiwa yang sudah pernah saya lalui, namun juga memiliki arti agar saya juga mulai membangun jejaring dengan teman-teman yang kebetulan memiliki passion yang sama, yaitu menulis. Semoga saya bisa fokus dan konsisten dalam dunia kepenulisan melalui interaksi di komunitas yang tepat. Konsistensi menulis di blog ataupun cita-cita bisa menerbitkan buku, bagi saya hanyalah impact semata. Esensinya adalah saya bisa berkumpul dengan orang-orang baik, bisa menyerap hal-hal baik dan tentunya harapannya bisa menularkan hal-hal baik pula.

Finally, Stay Hungry and Stay Foolish (Stewart Brand – Addopted by Steve Jobs). Jangan pernah Puas dan Selalu merasa bodoh. Teruslah belajar dan menjadi pembelajar sejati.

 

– Kendal, 10122017

#30WDC_Jilid10_Squad7_Day15

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: