MENDENGAR

Ahad kemarin saya beserta istri dan anak saya mengisi waktu libur dengan berkunjung ke toko Gramedia di Semarang. Ada satu buku menarik yang dengan berat hati belum bisa terbeli karena harga yang cukup mahal, sekitar 150 ribu. Semoga segera ada rizki sehingga saya bisa mendapatkannya. Buku ini penting bagi saya karena banyak pelajaran yang dapat diperoleh dari pengalaman si penulis. Kebetulan buku tersebut masuk dalam ranah biografi. Ada yang menyampaikan bahwa membaca buku biografi itu ibarat kita turut serta dalam perjalanan si penulis atau sosok yang sedang ditulis. Meskipun menurut saya tidak semua buku biografi berbobot. Terkadang sarat kepentingan didalamnya.

Buku tersebut berjudul Memimpin, tulisan mantan pelatih Manchester United, Alex Ferguson bersama Alex Moritz. Pelatih satu ini menjadi satu dari sedikit pelatih yang mampu menelurkan karya berupa buku.

Salah satu yang menarik dari buku tersebut, terdapat di bab pertama tentang menjadi diri sendiri dimana salah satu poin yang ditekankan oleh Sir Alex adalah perihal mendengar. Tuhan telah menciptakan dua telinga dan satu mulut yang bermakna bahwa kita diharapkan lebih banyak mendengar daripada berbicara. Menurut Sir Alex, mendengar adalah sesuatu hal yang tidak memerlukan biaya/gratis. Kita bisa menyerap apa saja, apabila baik kita ambil dan apabila tidak baik tinggal kita buang. Dan kata dia, nasihat seringkali datang tak terduga, sehingga pergunakanlah kemampuan mendengarmu selagi gratis.

Mengapa mendengar penting? Salah satu psikolog kenamaan yang bernama Carl Rogers bahkan menyampaikan bahwa dengan mendengar saja, separuh dari masalah sudah terselesaikan.

Semoga saya bisa senantiasa belajar untuk menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

– Kendal, 6122017

#30WDC_Jilid10_Squad7_Day11

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: