Perjalanan Nyantrik Membelah Pulau Jawa

Nyantrik menjadi salah satu istilah yang dipopulerkan kembali oleh ibu Septi Peni Wulandari, penggagas jarimatika dan Ibu Profesional. Setidaknya bagi saya yang menyimak tulisan-tulisan beliau. Nyantrik, yang saya sederhanakan dengan kegiatan belajar atau menimba ilmu secara langsung untuk mendatangi sang guru atau orang yang kita anggap kompeten bidangnya menjadi sesuatu yang memiliki makna tersendiri. Melalui sarana tersebut, saya akhirnya dapat merasakan arti kehadiran dalam sebuah forum yang didalamnya ada sharing ilmu. Ada aura yang berbeda apabila kita hanya memperoleh ilmu tersebut melalui video youtube, kelas online atau yang sejenis. Menurut Ustad Hanan Attaki, tidak hanya proses transfer ilmu didalamnya, namun juga adanya kehadiran malaikat-malaikat yang turut serta sekaligus mendoakan orang-orang yang terdapat dalam majelis tersebut.

Mencari ilmu dengan cara nyantrik dan niat yang sudah ditata kembali di awal, menjadi salah satu hal yang sedang saya coba lakukan dan biasakan saat ini. Saya tidak memilah apakah sang guru tersebut usianya lebih tua atau lebih muda. Sepanjang mereka punya kompetensi, maka saya akan mendatanginya untuk berguru sebagai sarana menjaga semangat saya untuk terus menjadi seorang pembelajar. Biaya dan jarak menurut saya tidaklah menjadi masalah karena itu menjadi sebuah konsekuensi logis.

Termasuk diantaranya, perjalanan ahad pekan yang lalu ke Bantul, Yogyakarta. Perjalanan dari Kendal yang letaknya terdapat di pesisir utara pulau Jawa menuju Bantul yang memiliki bibir pantai selatan Pulau Jawa, ibarat sebuah perjalanan membelah Pulau Jawa. Meskipun hujan mendera perjalanan motoran saya saat itu, tidaklah menjadi penghalang bagi saya untuk melakukan perjalanan. Sebab, saya memiliki sebuah keyakinan didalamnya.

Semoga ilmu yang saya peroleh bisa saya tularkan sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat. Kalaupun tidak dapat saya sampaikan secara langsung, menurut saya melalui tulisanpun kita bisa tutut membagi ilmu tersebut, cepat ataupun lambat.

– Kendal, 05122017

#30WDC_Jilid10_Squad7_Day10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: