Drama Menit Ke 90

Ada yang menarik dari laga sepakbola liga Inggris minggu kemarin. Kemenangan Arsenal atas Burnley di kandang lawan di tentukan di detik akhir injury time (90+2) melalui gol semata wayang yang dilesakkan oleh Alexis Sanchez dari titik penalti. 

Lalu apa yang menarik bagi saya? Ternyata dalam tiga pertemuan terakhir kedua klub (termasuk pertandingan 26 Nopember 2017) semua kemenangan ditentukan di detik-detik akhir pertandingan dengan Arsenal sebagai pemenangnya. Data menunjukkan pada pertemuan tanggal 22 Januari 2017, Arsenal memenangkan pertandingan

 dengan skor 2-1 dengan gol kemenangan yang di cetak lagi-lagi oleh Sanchez di injury time (90’+8) juga melalui titik penalti. Dan satu pertemuan mereka sebelumnya pada tanggal 2 Oktober 2016 dimenangkan dengan skor 1-0 dengan gol yang dicetak Koscielny juga di injury time menit 90’+3. Menarik bukan?

Dari uraian tersebut, ada beberapa pelajaran yang dapat di ambil sebagai motivasi bagi saya dalam menjalani proses hidup ini, lebih sempit lagi khususnya bagi saya dalam menerima tantangan 30DWC. 

Kerja Keras

Pertandingan sepakbola secara normal berlangsung selama 90 menit dan akan ditambah dengan masa injury time yang lamanya tergantung dari wasit melihat dinamika yang ada di lapangan. Selama waktu tersebut berbagai upaya dilakukan. Taktik dan strategi dijalankan dengan totalitas. Hanya untuk mencoba mencetak gol ke gawang lawan. Pun demikian dengan tim lawan, seluruh anggota tim berupaya sekuat tenaga agar gawangnya tidak kebobolan. Tenaga yang dibutuhkan untuk berlari, mengumpan dan dribblingpun harus prima, dan itupun terbentuk melalui Latihan yang cukup lama. Ada kerja keras di situ.

Nah, untuk sebuah pertandingan sepakbola saja dibutuhkan sebuah kerja keras, maka menulispun juga demikian. Capek, tidak mood, listrik mati dan lain sebagainya janganlah menjadi pelemah semangat saya untuk menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan.

Pantang Menyerah

Dalam pertandingan Arsenal melawan Burnley diatas kesemuanya dimenangkan di detik-detik akhir pertandingan. Artinya, semangat pantang menyerah harus terus di jaga. Hambatan-hambatan dan permasalahan yang muncul bukan untuk dihindari, namun untuk selesaikan dan dicarikan solusi jalan keluarnya. Bahkan di detik-detik akhir proses yang sedang kita lalui. Oleh karena itu, jangan menyerah sampai batas deadline tiba. 23.59. 🙂

– Semarang

#30DWC_Jilid10_Squad7_Day03

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: